SELAMAT DATANG DI BLOG MANAJEMEN PENDIDIKAN
SpongeBob SquarePants

Sabtu, 09 Januari 2016

Profil MP



VISI, MISI DAN TUJUAN SERTA SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

VISI
Pada Tahun 2025 Program Studi Administrasi/Manajemen Pendidikan
“Menjadi Pusat Pengembangan Keilmuan Yang  Menghasilkan Lulusan Berkarakter Tangguh, Inovatif Dan Kompetitif Yang Diakui Secara Global”

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang Administrasi /Manajemen Pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan lulusan berkarakter tangguh, inovatif dan kompetitif dan diakui secara nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat guna mendukung pendidikan dan kemajuan ilmu manajemen pendidikan.
  3. Menjalin dan mengembangkan jaringan kerja sama dan kemitraan dengan perguruan tinggi dan intansi terkait baik dalam negeri maupun luar negeri.
  4. Menjalin dan mengembangkan jaringan kerja sama dan kemitraan dengan Perguruan Tinggi dan instansi terkait baik dalam negeri maupun luar negeri.
TUJUAN
1.      Meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan yang memiliki keahlian berstandar nasional dan internasional sesuai kebutuhan pengguna lulusan.
2.      Meningkatkan daya saing dan aksepabilitas hasil penelitian,pengabdian dan karya ilmiah dosen pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional.
3.      Meningkatkan mutu pembelajaran di program studi Administrasi/Manajemen pendidikan untuk pem-bangunan budaya mutu perguruan tinggi.
4.      Meningkatkan dan memperluas kerja sama pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan lembaga pada tingkat lokal, nasional dan internasional.


SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN
1.       Lulusan/alumni, strategi :
a.       Inovasi kurikulum menuju Kurikulum Berbasis KKNI dan life skil serta soft skill secara efektif dan efisien untuk memenuhi tuntutan profesi dan lapangan kerja
b.      Meningkatkan kegiatan akademik berbasis karakter yang inovatif, tangguh dan kompetitif
c.       Pengembangkan sistem pembelajaran terintegrasi pada e-learning di perkuliahan
d.      Meningkatkan daya serap lulusan manajemen pendidikan di pasar kerja
e.       Melaksanakan pembinaan mahasiswa berbasis karakter dan sinergitas penguatan hard skill dan soft skill.
f.       Mengembangkan laboratorium administrasi pendidikan berstandar  nasional dan internasional berbasis penelitian dan pembelajaran berbasis IT.
g.      Mendorong internasionalisasi program studi (go international).
h.      Pelatihan pengembangan kapasitas profesi Administrasi/Manajemen Pendidikan
i.        Melaksanakan silaturrahim mahasiswa dengan dosen yang dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial dan out bound.
      2.       Dosen/Staf Akademik, strategi:
a.       Menyebarluaskan hasil temuan penelitian dosen dan mahasiswa menjadi inovasi-inovasi praktik manajemen pendidikan di lembaga kependidikan.
b.      Meningkatkan budaya berprestasi (achivement-motivation) bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian.
c.       Melaksanakan kegiatan ilmiah manajemen pendidikan (workshop, seminar, lokakarya) lokal, nasional dan internasional.
d.      Mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual dosen dan mahasiswa melalui kajian-kajian religius/dakwah islamiyah, baik secara mandiri maupun kerjasama dengan instansi terkait.
e.       Optimalisasi peran dosen dan penasehat akademik (PA) dalam pembimbingan mahasiswa dan pembimbing magang dan PKL.
f.       Mengupayakan terbukanya sumber-sumber pendanaan tambahan baru baik melalui kerja sama layanan ahli, produk-produk inovatif, dan sumber generating revenue lainnya.
g.      Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen secara kolaboratif.
3.       Dosen/Staf Akademik dan mahasiswa, strategi:
a.       Mengembangkan budaya mutu akademik di lingkungan program studi Manajemen Pendidikan.
b.      Mengembangkan kultur akademik dan inovasi kurikulum berbasis kebutuhan dan keunggulan di program studi manajemen pendidikan.
c.       Meningkatkan penulisan karya ilmiah dosen dan mahasiswa (buku, jurnal/ artikel, proseding) pada bidang manajemen pendidikan.
d.      Pelatihan penulisan artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan melalui jurnal manajemen pendidikan dan jurnal lainnya yang terakreditasi baik skala regional, nasional dan internasional bagi dosen.
e.       Membentuk pusat kajian manajemen pendidikan ditingkat program studi.
f.       Mengembangkan ruang kuliah dan perpustakaan berbasis IT.
g.      Evaluasi diri secara ber-kesinambungan guna pengembangan program-program yang dinilai strategis dan dapat mendukung keberlanjutan pengembangan program studi.
h.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana pendukung akademik sebagai media pembelajaran,

4.    Internal target: Universitas, Fakultas, Dosen, mahasiswa dan Eksternal target: Universitas di dalam luar negeri, lembaga pendidikan dalam dan luar negeri, Alumni, Organisasi profesi, sekolah. Strategi:
a.       Melaksanakan pendampingan dan pembinaan (fostering) sekolah dengan model manajemen berbasis sekolah.
b.      Meningkatkan joint research pada tingkat nasional dan internasional.
c.       Mengupayakan sekolah binaan sebagai sekolah unggulan (exellence school).
d.      Meningkatkan pemahaman pengguna lulusan tentang kualifikasi dan kompetensi lulusan manajemen pendidikan.
e.       Temu kolegial alumni Program Studi Manajemen Pendidikan secara lebih intensif dan melaksanakan program kerja organisasi alumni.
f.       Mengembangkan kerja sama pelatihan supervisi dan penulisan karya ilmiah bagi guru pada jenjang SD, SLTP dan SLTA
g.      Mempererat kerja sama simetrikal dengan pemerintah daerah, instansi-instansi terkait terutama lembaga/institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri berdasarkan azas kemitraan dan saling menguntungkan dalam rangka penerapan MBS, penyaluran lulusan, pembinaan minat bakat, karir mahasiswa, dan penguatan program studi dalam mengghadapi tantangan di era global.
h.      Sosialisasi peranan Program Studi Administrasi/Manajemen Pendidikan kepada masyarakat terutama kepada pemerintah daerah dan Dinas Pendidikan Nasional berkaitan dengan berbagai kebijakan pemerintah dibidang manajemen pendidikan.


 
Sumber
Buku Panduan Masa Orientasi Mahasiswa Baru 2015 Jurusan Manajemen Pendidikan UNG

1 komentar: